Selamat datang di blog kami...............

Rabu, 27 April 2011

STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN

THREE MINUTE PAUSE
Oleh : Shita Sophianingreki

        Pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan optimal jika guru mampu menerapkan suatu taktik atau strategi untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya pembelajarannya.
Berikut  kami  berbagi, dalam strategi pemahaman bacaan, melalui : three minute pause (  jeda tiga menit )

       Three minute pause merupakan jeda waktu yang diadakan pada suatu kegiatan pembahasan isi pelajaran . Three minute pause memberi kesempatan kepada siswa untuk berhenti sejenak guna merefleksikan konsep dan tujuan yang akan dicapai,  menghubungkan dengan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki sebelumnya dan mencari klarifikasi

Langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Merangkum ide kunci. Disini , guru  menginstruksikan siswa membuat kelompok ( tiap kelompok 3-5  orang ).  Beri mereka  waktu 3 menit untuk keseluruhan proses. Mula-mula mereka  harus fokus p-ada kunci materi yang dipelajari unntuk mendapatkan ide ide pokok bacaan.


2. Menambah wawasan.   Berikutnya, siswa  mengingat kembali pengetahuan yang telah dimilki dan menghubungkan dengan binformasi yang baru diperoleh.  Pertanyaan yang disarankan  : Hubungan apa yang dapat dibuat ?  Apa saja yang  diingat ? Apa yang dipikirkan dengan informasi baru tadi ? Apa yang dapat ditambahkan ?


3. Sikap mengklarifikasi/ Pertanyaan  
Apakah masih ada hal-hal yang belum jelas ? apakah ada bagian -bagian  yang membingungkan ?. Apakah ada kesulitan menghubungkan dengan pengetahuan dengan sebelumnya ? Dapatkah mencerna lebih dalam?

Mengapa  menggunakan waktu tiga menit ?
Sebebarnya, tidak ada patokaan yang baku, tergantung banyak sedikitnya marteri. Three menute pause adalah sebuah jembatan yang ayik,  suatu kesempatan  bagi siswa untuk mengkonsolidasikan dan mengklarifikasi pemahaman mereka sebelum melangkah materi yang baru.  Strategi ini simpel,  tepat sasaran, produktif, efisien dan bermanfaat.

27 April 2011

BELAJAR DARI KEHIDUPANNYA

NAK BELAJAR DARI KEHIDUPANNYA ( DOROTHY LAW NOLTE )
DITULIS KEMBALI OLEH :  EYANG

JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN CELAAN, IA BELAJAR MEMAKI
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN PERMUSUHAN, IA BELAJAR BERKELAHI
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN CEMOOHAN, IA BELAJAR RENDAH DIRI
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN PENGHINAAN, IA BELAJAR MENYESALI DIRI
JIKA ANAK DIBESARKAN  DENGAN TOLERANSI, IA BELAJAR MENAHAN DIRI
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN TOLERANSI, IA BELAJAR PERCAYA DIRI
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN PUJIAN ,IA BELAJAR MENGHARGAI
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA PERLAKUAN, IA BELAJAR  KEADILAN
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN RASA AMAN, IA BELAJAR MENARUH KEPERCAYAAN
JIKA ANAK DIBESARKAN DENGAN KASIH SAYANG DAN PERSAHABATAN, IA BELAJAR  MENEMUKAN CINTA DALAM KEHIDUPANNYA
EDYSUYATNO, akhir April 2011

UNTUK REKAN SEJAWAT GURU TERCINTA

ANAK- ANAKMU  ( Gibran )
ditulis kembali : mased. ( teruntuk teman teman sejawat  guru  tercinta )

Anak- anakmu bukan anak-anakmu
Mereka adalah anak -anak kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri
Mereka terlahir melalui engkau tapi bukan darimu
Meskipun mereka ada bersamamu, tapi mereka bukan milikmu
Pada mereka engkau dapat memberikan cintamu, tapi bukan pikiranmu
Karena mereka memiliki pikiran sendiri
Engkau bisa merumahkan tubuh- tubuh, tapi bukan jiwa mereka
Karena jiwa jiwa itu tinggal di rumah hari esok, yang tidak pernah dapat engkau kunjungi meskipun dalam mimpi
Engkau bisa menjadi seperti mereka, tapi jangan coba menjadikan mereka sepertimu
Karena hidup tidak berjalan mundur dan tidak pula berada  di masa lalu
Engkau adalah busur-busur  tempat anak-anakmu menjadi anak -anak panah yang hidup diluncurkan
Sang pemanah telah membidik arah keabadian, dan ia merenggangkanmu dengan kekuatannya sehingga anak -anak panah itu dapat meluncur dengan cepat dan jauh
Jadikanlah tarikan tangan sang pemanah itu sebagai kegembiraan
Sebab ketika ia mencintai anak-anak panah yang terbang, maka ia juga mencintai busur yang telah meluncurkannya dengan sepenuh kekuatan
Akhir April 2011

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Oleh : Edysuyatno
Kedudukan dan fungsi Pancasila di era globalisasi harus mengalami revitalisasi dan reaktualisasi,  sehingga Pancasila tidak hanya sebagai ideologi negara yang formalistis belaka, tetapi Pancasila mampu menyelesaikan setiap permasalahan bangsa yang dihadapi negeri ini.  Dengan demikian, Pancasila akan tetap lestari  dan menjadi pegangan serta perekat bangsa Indonesia dalam menghadapi setiap problematika bangsa ini.
Pancasila sebagai paradigma pemangunan adalah Pancasila sebagai sumber , nilai, azas, kerangka berpikir,  orientasi dasar,  arah dan tujuan dari suatu perubahan menuju kemajuan dan kehidupan  yang lebih baik
Dengan demikian, secara filosofis, hakekat kedudukan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung kosekuensi bahwa segala aspek  pembangunan nasional harus berdasarkan kepada hakekat nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.  Demikian pula dengan proses pembangunan nasional, sebagai metode untuk mewujudkan tujuan negara, pembangunan nasional harus dikembalikan pada dasar- dasar hakekat manusia monopluralis
Oleh karena itu, pembangunan nasional  harus meliputi aspek jiwa ( akal, rasa, dan kehendak ) raga, individu, mahkluk sosial,  pribadi, dan juga kehidupan ketuhanannya.  Kemudian aspek-aspek tersebut dijabarkan dalam berbagai bidang pembangunan, antara lain : politik, ekonomi, hukum, pendidikan, sosial budaya,  ilmu pengetahuan dan tehnologi serta kehidupan beragama.
Pancasila sebagai paradigma pembangunan meliputi aspek-aspek sbb
...............................................................................................................
...............................................................................................................

Rabu, 13 April 2011

yayasan pendidikan mayangkara: INGIN BERHASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ?

yayasan pendidikan mayangkara: INGIN BERHASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ?

yayasan pendidikan mayangkara: INGIN BERHASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ?

yayasan pendidikan mayangkara: INGIN BERHASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ?

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 'INTERNET'

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN  'INTERNET' UNTUK  BELAJAR BAHASA INGGRIS
oleh  : mam shita

          Saya sangat setuju jika belajar itu harus dalam situasi yang menyenangkan. Apalagi belajar bahasa asing seperti 'bahasa Inggris'   Belajar yang menyenangkan banyak bergantung kepada  metode  dan media pembelajaran yang digunakan, Kali ini saya akan berbagi tentang: penggunaan media " internet" dalam pembelajaran bahasa Inggris. ".
           Kata media berasal dari bahasa latin yaitu ;'medius' yang secara harfiah berati :  tengah., perantara, atau pengantar.Menurut Gerlach dan Ely (1971), media apabila dipahami secara garis besar adalah materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan atau sikap. Sehingga guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media. Fleming ( 1987;234) menyetakan bahwa media berfungsi untuk mengatur hubungan yang efektif antara dua fihak yaitu siswa dan isi pelajaran.
            Salah satu alasan penggunaan media pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan  belajar mengajar di kelas. Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dalam belajar mengajar adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat.. Menurut Hamalik (1986), media pembelajaran yang tepat dapat mmembangkitkan motivasi, keinginan minat dan rangsangan kepada siswa.
           Pemilihan media pembelajaran  disesuaikan dengan situasi,  kondisi  yang muncul  saat anak sedang belajar dan juga pembelajaran  yang menyenangkan yang dirancang oleh sang guru.      Media 'internet ' sangat cocok( saat ini ) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. cocok untuk segala situasi.  Contohnya : ketika itu akan ada kegiatan lomba ' baca berita bahasa Inggris'  Sementara saya gurunya tidak dapat memberi contoh bagaimana membaca berita yang 'baik'
Maka disitulah  media 'internet' dimanfaatkan, dibukalah YOU TUBE untuk mencari contoh-contoh  membaca berita.
'internet' dirancang  untuk media pembelajaran yang berkaitan tema tertentu, misalkan tentang kesehatan gosok gigi, tentang puisi dan tema - tema yang lain.Karena  buku yang ada dan buku pedoman/petunjuk akan nampak pasif jika tidak didukung perubahan,'activ' dari internet.      Sementara  untukpembelajaran yang menyenangkan , dicarikan lagu-lagu ringan yang sesuai dengan tema pembelajaran. sehingga siswa tidak bosan..  Dan masih banyak lagi.

selingan

INI BUKAN SULAPAN.................................
 oleh : eyang


Dino....................coba tulis  angka ' sesukamu'                  dibawah angka 10 saja ..............ya , lalu simpan rapat  -rapat

Jika sudah, angka  tadi kalikan dengan  8
hasilnya , bagilah dengan  2
sesudah itu jumlah dengan  5
setelah ketemu, kurangkan dengan 4 kalinya angka yang kamu simpan
sudah ?
angka yang kamu simpan pasti 5  . benar  ?  

INGIN MENJADI PINTAR ?

MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK, ..............DENGAN MUSIK.
oleh : eyang
Dari bacaan saya tentang  'cara ampuh memaksimalkan kemampuan otak anak'(Chaterina Syarif,2010)  dapat saya tuliskan beberapa yang menarik saya seperti judul tulisan ini.

Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah 'aktivasi otak tengah'(mid brain activated).  Otak tengah yang teraktivasi akan memancarkan gelombang seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup.    E..e...e tunggu dulu............ini bukan sulap bukan sihir dan bukan supranatural,  melainkan dengan ilmiah dan banyak menggunakan gelombang otak alpha. Ini dapat dibuktikan ketika tubuh dalam keadaan rileks.     Pada dasarnya gelombang tersebut terletak di bawah hidung; hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di bawah hidung..     Latihan yang terus menerus, teratur, dapat membuat sang anak menjadi lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih
tinggi lagi.
Mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup kita tinggal dulu, yang perlu duluan adalah, bagaimana mengaktivkan otak tengah bukan ? Ada 3 cara : gerakan tubuh, penglihatan dan pendengaran. Sementara saya saya ambil sebagai prioritas ,pilihan untuk 'melatih pendengaran' adalah dengan musik.  Musik adalah salah satu cara yang dapat merangsang otak tengah. Musik yang dipilih : musik mozart. Mengapa harus musik mozart?
  Disebabkan musik mozart diyakini memiliki gelombang yang mampu merangsang pengembangan  otak bayi dalam kandungan. Namun jika yang dilatih anak yang berusia diatas 6 tahun, maka sebaiknya diperdengarkan musik Mozart dengan volume sedikit keras.   Musik yang didengar mampu membesarkan neuron-neuron yang ada dan kemudian memicu  pengaktivasian otak tengah  .
Manfaat lain aktivasi otak tengah : diantaranya anak akan lebih percaya diri, konsentrasi meningkat, daya ingat lebih bagus, megubah karakter kearah yang lebih baik  . semoga

puisi shita murid TK KARITAS V

          sita sophianingreki

          itu nama saya
          dipanggil  sita
          adik saya satu
           saya suka soto
           yang jual pak suta
           bude saya siti
           rumahnya dekat 'situ'

INGIN BERHASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ?


ENAM JURUS  ‘DAHSYAT’ UNTUK BERHASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS
( oleh :  Ma’am Shita )

            Beberapa saat yang lalu saya iseng searching  ‘ Bahasa Inggris ‘ di Google, tertarik  untuk membaca beberapa artikel  tentang  belajar Bahasa Inggris.  Beberapa hal dapat saya  jadikan catatan penting antara lain ; saya sangat setuju sekali kalau modal utama untuk belajar bahasa Inggris adalah niat dan semangat. Besar kecilnya niat akan menentukan besar kecilnya usaha kita dalam menaklukkan bahasa  Inggris yang kita pelajari. Semakin besar niat kita, semakin  gigih kita  untuk belajar, tentu tidak perlu disuruh- suruh orang lain sudah rajin dengan sendirinya.  Kalau orang sudah punya niat besar, semangat yang menyala, motivasi untuk belajar akan menjadi besar juga.
            Ada banyak cara atau metode orang belajar Bahasa Inggris, ada yang menghafal kamus, ada yang pakai nyanyian, ada yang pakai gambar- gambar . ada yang pakai cerita dan lain-lain. Semuanya tentu baik, namun yang paling penting adalah menemukan metode yang paling cocok dengan diri kita. Hal ini tentu saja sebuah metode  yang cocok  dan pas dipakai orang lain, bisa jadi tidak cocok dengan diri kita. Maka sangatlah penting untuk memilih dan memilah metode apa yang cocok dengan kita.
            Memang terdapat empat ketrampilan pokok ( main skills ) yang perlu dicapai dalam mempelajari Bahasa Inggris, yaitun : reading ( membaca ), writing ( menulis ), listening ( mendengarkan ) dan speaking ( berbicara ), namun demikian ketrampilan itu tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Untuk itulah perlu jurus jurus   tertentu untuk mendapatkan ketrampilan yang dimaksud.
            Enam jurus ‘dahsyat ‘ untuk berhasil belajar Bahasa Inggris.
Untuk meraih empat ketrampilan pokok dalam mempelajari Bahasa Inggris,  agar berhasil belajar bahasa Inggris ada enam jurus ‘dahsyat’ yaitu:
1.      Setiap hari diusahakan membaca.  Ya. Membaca apa saja, asalkan berbahasa Inggris, boleh sobekan Surat kabar, brosur, kotak obat, buku dan lainnya. Hal ini dengan tidak disadari akan menambah perbendaharaan kata ( vocabulary ) yang tersimpan pada memori kita, yang sewaktu waktu dapat kita update.
2.      Latihan menulis,  menulis apa saja boleh ,sesuka hati kita.  Dapat menulis surat, menulis di buku harian,  menulis puisi, membuat cerita satu- dua paragraph saja.  Yang penting dapat mengungkapkan fikiran kita dalam bentuk tulisan Bahasa Inggris. Eh waktu di SD saya pernah menulis puisi dan dimuat  pada majalah anak- anak.( mau tahu ? klik’madhita18’
3.      Latihan mendengarkan, lewat percakapan yang terekam pada kaset, CD, VCD, dan media lain semacam itu.  Nah tentu saja alat alat yang dimaksud, ditaruh di tempat yang mudah diambil untuk digunakan.
4.      Latihan berbicara. Berbicara boleh dengan diri sendiri ( tidak apa apa asalkan tidak dijalanan). Berbicara di depan cermin sambil melihat gerakan bibir kita.  Boleh juga pembicaraan kita, kita rekam kemudian kita putar ulang untuk mengetahui sadah benarkah lafal atau pronounciation-nya. Yang penting praktek bicara. Praktek  dan praktek! Tidak perlu  risau jika terjadi kesalahan yang penting maksudnya kesampaian. Si Bule/si orang asing mengerti maksudnya.
5.      Mengutip struktur kalimat yang unik dan menarik. 
Hal unik biasanya sangat menarik. Untuk itu perlu dikutip di buku catatan dalam satu buku. Struktur kalimat yang menarik yang dianggap menarik, dikutip dan dikumpulkan dalam satu buku.  Semakin banyak struktur bahasa yang ada di bank data, tidak kita sadari banyak yang mengendap di otakmkita alias hafal.
6.      Rajin buka kamus.  Untuk itulah kamus diletakkan yang mudah diambil dan dibaca. Jika menemukan kata yang belum diketahui artinya segera melihat di kamus. Tidak hanya arti padanan kata, tetapi juga dilihat bagaimana pengucapannya dengan benar. Ucapan kata harus diyakini benar, jangan karena malas, terus main kira-kira. Kalau main kira-kira dapat keliru. Contohnya, kata ‘prepare’ (verb) dan ‘preparation’ (noun), ‘contract (verb)dan ‘contact (noun),  masing –masing kata itu lain cara pengucapannya dan lain penekanan suku katanya.

Keenam jurus tersebut tentu tidak berarti, jika tidak kita asah, jika tidak kita praktekkkan. Semakin dipraktekkan, semakin lancar.  Sedikit demi sedikit kita praktek setiap hari, lama lama jadi terbiasa. The more practice you have, the better English you get.
By: Shita Sophianingreki 2010(SMP Santo Yosef )