Selamat datang di blog kami...............

Sabtu, 26 Maret 2011

CIPTAKAN MEMORI MULTI-SENSORI

OLEH : EDY SUYATNO ( Pengurus PGRI Jatim )

Setelah membaca buku ' Accelerated Learning ' karangan Colin Rose dan Malcomlm J. Nicholl, tentang " meningkatkan memori  .   Perlu diketahui dan boleh direnungkan bahwa, kita dapat mengingat:
      20% dari  yang kita baca
      30 % dari yang kita dengar
      40 %  dari yang kita lihat
      50 %  dari yang kita katakan
      60%  dari yang kita kerjakan
      90 % dari yang kita lihat, kita dengar, kita katakan dan kita kerjakan sekaligus. 
jadi yang penting adalah bagaimana kita dapat belajar dengan menggabungkan penglihatan, pendengaran, pengungkapan dengan kata-kata dan bertindak.          JIKA ITU SUDAH DIDAPAT NISCAYA KITA MENEMUKAN JALAN UNTUK MENIGKATKAN MEMORI.

Ciptakan memori multi -sensori. 
Kita tahu bahwa kita memiliki memori terpisah atas apa yang kita lihat, dengar ,ucapkan dan kerjakan. Karena itu, pengalaman multi-memori akan memperluas dan memperdalam potensi kita dalam mengingat. Maka pastikan  bahwa ada pengalaman-pengalaman visuai ( pandang ),  auditori (lihat)  ,dan kinestik ( gerak - laku )  dalam rangka meningkatkan pengetahuan kita.
Untuk itu, selalu ingatlah!      untuk :
1. membuat catatan atau peta konsep ketika  belajar  dari suatu percakapan atau pembicaraan. Kita mendengar( auditori ), membuat catatan atau gambar (kinestik ) dan membuat apa yang telah kita hasilkan ( visual )
2. mengingat  langkah -langkah suatu proses. Kita menyaksikan suatu demonstrasi yang dilakukan orang lain ( visual ) mengucapkan langkah -langkah dengan suara lantang ( auditori ) dan kemudian berjalan -jalan melewatinya, atau melakukan sendiri  langkah -langkah tersebut ( kinestik ) sebelum mewujudkan dalam kenyataan..
3. membuat gambar atau citra- citra visual agar berinteraksi. Memori visual biasanya merupakan memori terkuat- khususnya jika dapat membuat gambar-gambar mental  "lebih besar " tentang kehidupan dan  mengaitkannya. Menggambar  kuda berlari lebih baik dari pada berdiri. Warnailah gambar dengan warna cemerlang. Bayangkan sesuatu yang lucu atau yang menarik. Jika kita memarkir mobil di parkiran mall  di blok 3C, bayangkan tiga orang wanita ( cewek ).             begitulah





1 komentar: