Selamat datang di blog kami...............

Rabu, 13 April 2011

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 'INTERNET'

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN  'INTERNET' UNTUK  BELAJAR BAHASA INGGRIS
oleh  : mam shita

          Saya sangat setuju jika belajar itu harus dalam situasi yang menyenangkan. Apalagi belajar bahasa asing seperti 'bahasa Inggris'   Belajar yang menyenangkan banyak bergantung kepada  metode  dan media pembelajaran yang digunakan, Kali ini saya akan berbagi tentang: penggunaan media " internet" dalam pembelajaran bahasa Inggris. ".
           Kata media berasal dari bahasa latin yaitu ;'medius' yang secara harfiah berati :  tengah., perantara, atau pengantar.Menurut Gerlach dan Ely (1971), media apabila dipahami secara garis besar adalah materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan atau sikap. Sehingga guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media. Fleming ( 1987;234) menyetakan bahwa media berfungsi untuk mengatur hubungan yang efektif antara dua fihak yaitu siswa dan isi pelajaran.
            Salah satu alasan penggunaan media pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan  belajar mengajar di kelas. Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dalam belajar mengajar adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat.. Menurut Hamalik (1986), media pembelajaran yang tepat dapat mmembangkitkan motivasi, keinginan minat dan rangsangan kepada siswa.
           Pemilihan media pembelajaran  disesuaikan dengan situasi,  kondisi  yang muncul  saat anak sedang belajar dan juga pembelajaran  yang menyenangkan yang dirancang oleh sang guru.      Media 'internet ' sangat cocok( saat ini ) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. cocok untuk segala situasi.  Contohnya : ketika itu akan ada kegiatan lomba ' baca berita bahasa Inggris'  Sementara saya gurunya tidak dapat memberi contoh bagaimana membaca berita yang 'baik'
Maka disitulah  media 'internet' dimanfaatkan, dibukalah YOU TUBE untuk mencari contoh-contoh  membaca berita.
'internet' dirancang  untuk media pembelajaran yang berkaitan tema tertentu, misalkan tentang kesehatan gosok gigi, tentang puisi dan tema - tema yang lain.Karena  buku yang ada dan buku pedoman/petunjuk akan nampak pasif jika tidak didukung perubahan,'activ' dari internet.      Sementara  untukpembelajaran yang menyenangkan , dicarikan lagu-lagu ringan yang sesuai dengan tema pembelajaran. sehingga siswa tidak bosan..  Dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar