Selamat datang di blog kami...............

Rabu, 27 April 2011

STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN

THREE MINUTE PAUSE
Oleh : Shita Sophianingreki

        Pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan optimal jika guru mampu menerapkan suatu taktik atau strategi untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya pembelajarannya.
Berikut  kami  berbagi, dalam strategi pemahaman bacaan, melalui : three minute pause (  jeda tiga menit )

       Three minute pause merupakan jeda waktu yang diadakan pada suatu kegiatan pembahasan isi pelajaran . Three minute pause memberi kesempatan kepada siswa untuk berhenti sejenak guna merefleksikan konsep dan tujuan yang akan dicapai,  menghubungkan dengan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki sebelumnya dan mencari klarifikasi

Langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Merangkum ide kunci. Disini , guru  menginstruksikan siswa membuat kelompok ( tiap kelompok 3-5  orang ).  Beri mereka  waktu 3 menit untuk keseluruhan proses. Mula-mula mereka  harus fokus p-ada kunci materi yang dipelajari unntuk mendapatkan ide ide pokok bacaan.


2. Menambah wawasan.   Berikutnya, siswa  mengingat kembali pengetahuan yang telah dimilki dan menghubungkan dengan binformasi yang baru diperoleh.  Pertanyaan yang disarankan  : Hubungan apa yang dapat dibuat ?  Apa saja yang  diingat ? Apa yang dipikirkan dengan informasi baru tadi ? Apa yang dapat ditambahkan ?


3. Sikap mengklarifikasi/ Pertanyaan  
Apakah masih ada hal-hal yang belum jelas ? apakah ada bagian -bagian  yang membingungkan ?. Apakah ada kesulitan menghubungkan dengan pengetahuan dengan sebelumnya ? Dapatkah mencerna lebih dalam?

Mengapa  menggunakan waktu tiga menit ?
Sebebarnya, tidak ada patokaan yang baku, tergantung banyak sedikitnya marteri. Three menute pause adalah sebuah jembatan yang ayik,  suatu kesempatan  bagi siswa untuk mengkonsolidasikan dan mengklarifikasi pemahaman mereka sebelum melangkah materi yang baru.  Strategi ini simpel,  tepat sasaran, produktif, efisien dan bermanfaat.

27 April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar