THREE MINUTE PAUSE
Oleh : Shita Sophianingreki
Pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan optimal jika guru mampu menerapkan suatu taktik atau strategi untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya pembelajarannya.
Berikut kami berbagi, dalam strategi pemahaman bacaan, melalui : three minute pause ( jeda tiga menit )
Three minute pause merupakan jeda waktu yang diadakan pada suatu kegiatan pembahasan isi pelajaran . Three minute pause memberi kesempatan kepada siswa untuk berhenti sejenak guna merefleksikan konsep dan tujuan yang akan dicapai, menghubungkan dengan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki sebelumnya dan mencari klarifikasi
Langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Merangkum ide kunci. Disini , guru menginstruksikan siswa membuat kelompok ( tiap kelompok 3-5 orang ). Beri mereka waktu 3 menit untuk keseluruhan proses. Mula-mula mereka harus fokus p-ada kunci materi yang dipelajari unntuk mendapatkan ide ide pokok bacaan.
2. Menambah wawasan. Berikutnya, siswa mengingat kembali pengetahuan yang telah dimilki dan menghubungkan dengan binformasi yang baru diperoleh. Pertanyaan yang disarankan : Hubungan apa yang dapat dibuat ? Apa saja yang diingat ? Apa yang dipikirkan dengan informasi baru tadi ? Apa yang dapat ditambahkan ?
3. Sikap mengklarifikasi/ Pertanyaan
Apakah masih ada hal-hal yang belum jelas ? apakah ada bagian -bagian yang membingungkan ?. Apakah ada kesulitan menghubungkan dengan pengetahuan dengan sebelumnya ? Dapatkah mencerna lebih dalam?
Mengapa menggunakan waktu tiga menit ?
Sebebarnya, tidak ada patokaan yang baku, tergantung banyak sedikitnya marteri. Three menute pause adalah sebuah jembatan yang ayik, suatu kesempatan bagi siswa untuk mengkonsolidasikan dan mengklarifikasi pemahaman mereka sebelum melangkah materi yang baru. Strategi ini simpel, tepat sasaran, produktif, efisien dan bermanfaat.
27 April 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar